Penilaian Akhir Semester 1 (PAS) KI-4 (Keterampilan) Mupel Matematika
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar:4.5 Menaksir
keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah.
Tujuan :
- Siswa mampu mengukur keliling dan luas lingkaran benda-benda di sekitarnya untuk menyelesaikan masalah dengan tepat.
Langkah-langkah Kegiatan:
- Siswa membaca petunjuk atau langkah-langkah kegiatan keterampilan mengukur keliling dan luas lingkaran. Lalu, siswa menyajikan hasil pengukurannya dalam sebuah tabel.
AYO BERBUAT DENGAN TERAMPIL !
Lakukan
kegiatan berikut bersama orangtuamu !
1.
Ambillah
sebuah tutup gelas !
2.
Gunakan
tali atau benang untuk mengukur keliling tutup gelas tersebut !
Ukur tali yang kamu gunakan dengan penggaris !
3.
Kemudian,
carilah panjang diameter, panjang jari-jari, dan luas tutup gelas tersebut
dengan rumus !
4.
Lakukan
hal yang sama untuk benda lainnya yang berbentuk lingkaran !
Misalnya tutup panci, tutup kaleng, tutup toples, uang logam, dan
jam dinding.
Masukkan hasilnya pada tabel berikut sampai nomor 6 ! (Kerjakan di kertas folio bergaris)
Catatan: Apabila menemui bilangan desimal, gunakan pembulatan ke satuan terdekat.
Contoh
: 3,4 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 3
10,63 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi
11
76,284 dibulatkan ke satuan terdekat
menajdi 76
No. |
Nama Benda |
Keliling |
Diameter |
Jari-Jari |
Luas |
1. (contoh) |
Tutup Gelas |
25 cm |
K = π x d 25
= 3,14 x d d = 25 : 3,14 d = 7,96 cm d = 8 cm (dibulatkan ke satuan terdekat) |
r
= d : 2 r
= 8 : 2 r
= 4 cm |
L
= π x r2 = π x r x r = 3,14 x 4 x 4 = 50,24 cm2 = (dibulatkan
ke satuan terdekat) |
2. |
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar
Terima kasih sudah berkomentar dengan santun