Brosur

 Brosur

Brosur Makanan

A. Pengertian Brosur

        Brosur adalah buku yang diterbitkan secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu, biasanya memiliki sampul, tetapi tidak menggunakan jilid keras.

      Umumnya, brosur berbentuk selembaran kertas yang berisi barisan kata dan suatu informasi suatu produk/layanan ditambah sedikit gambar pendukung.

        Biasanya brosur ini dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat umum dengan harapan masyarakat bisa mengetahui produk/layanan tersebut. Brosur yang sering ditemukan diantaranya ialah brosur tentang makanan, bahasa inggris, sekolah, layanan masyarakat, dan lain sebagainya.

B. Ciri-Ciri Brosur

        Dibawah ini merupakan ciri-ciri atau karakteristik brosur, diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Umumnya terdapat pesan yang tunggal.
  2. Bertujuan untuk dapat menginformasikan, mendidik, membujuk, atau juga bisa mempengaruhi seseorang atau pelanggan untuk membeli maupun mengikuti pesan yang disampaikan.
  3. Hanya sekali yang diterbitkan.
  4. Dibuat semenarik mungkin supaya menarik suatu perhatian publik.
  5. Disebarkan secara tersendiri oleh pembuat suatu brosur tersebut.
  6. Memiliki desain yang menarik dan isinya jelas.
C. Fungsi Brosur

     Fungsi brosur, dibagi menjadi 3 (tiga) bagian adalah sebagai berikut
  1. Fungsi informatif adalah brosur yang biasanya digunakan untuk memberi tahu pelanggan potensial Anda yang terkait dengan bisnis Anda. Informasi ini terkait dengan penyajian perusahaan, produk atau layanan baru yang ingin ditawarkan perusahaan, perubahan terbaru pada nama perusahaan, dll.
  2. Fungsi iklan adalah suatu brosur sangat penting sebagai alat iklan atau alat promosi, yang menarik dan juga mempromosikan satu atau lebih produk atau layanan.
  3. Fungsi identifikasi adalah desain brosur yang baik yang menjaga kriteria yang sama di semua brosur perusahaan. Jika kriteria ini, atau juga disebut sebagai konsep diintegrasikan ke dalam semua jenis brosur, itu akan memudahkan identifikasi perusahaan, hal tersebut akan memberikan nilai prestise dan kredibilitas perusahaan yang sangat penting bagi brosur perusahaan untuk tidak hanya memiliki konsep yang tepat tetapi juga logo, logo yang dirancang dengan baik sangat penting bagi setiap perusahaan, yang merupakan salah satu langkah pertama untuk meluncurkan bisnis kampanye iklan.

D. Tujuan Brosur

      Sementara itu, tujuan brosur bahasa Inggris adalah:

  1. Sebagai Media Informasi
  2. Sebagai Media Promosi
  3. Dapat meningkatkan daya tarik suatu produk yang dipasarkan
  4. Sebagai suatu identitas untuk suatu produk

E. Macam-Macam Brosur

     Brosur memiliki tiga macam bentuk.

  1. Brosur tanpa lipat
  2. Brosur lipat dua
  3. Brosur lipat tiga.

F. Cara Membuat Brosur

     Cara membuat brosur memiliki beberapa tahap yaitu:

  1. Menentukan tema dan ide brosur
  2. Memilih jenis brosur yang akan dibuat
  3. Memiliki judul yang menarik
  4. Mengatur tulisan pada informasi tersebut agar lebih mudah dibaca
  5. Menyesuaikan ukuran gambar dengan tulisan

G. Syarat Brosur yang Baik

      Syarat-syarat brosur yang baik:

  1. Judul berukuran besar dan mudah terbaca
  2. Tulisan jelas dan mudah terbaca
  3. Bahasa mudah dipahami dan diingat
  4. Gambar berkaitan dengan isi brosur
  5. Ketepatan memilih warna dasar dan tulisan
  6. Ukuran tidak melebihi ketentuan yaitu kertas A5

 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Menemukan Kata Kunci Pada Judul Teks Untuk Memperkirakan Isi / Informasi Teks (Bahan Ajar Kelas 6 Tema 6 Mupel Bahasa Indonesia)

Ibu Istikomah, Pengusaha Kue Skala Rumahan

Hari Guru Nasional : Saya Bangga Menjadi Guru